Rabu, 14 Januari 2009

PIL KB

Pil KB dan Cara Kerjanya

Sebagai wanita modern, Anda pasti tahu pentingnya Keluarga Berencana. Mungkin Anda termasuk salah satu di antara 70 juta wanita di seluruh dunia yang meminum pil KB setiap harinya. Memang pil KB adalah salah satu metode KB yang paling efektif dan paling banyak di teliti.
Biasanya pil KB dibagi atas:
# Pil KB kombinasi (Combined Oral Contraceptives = COC)
Mengandung 2 jenis hormon wanita yaitu estrogen dan progesteron.
Mekanisme kerjanya untuk mencegah kehamilan adalah sebagai berikut:

1. Mencegah pematangan dan pelepasan sel telur
2. Mengentalkan lendir leher rahim, sehingga menghalangi penetrasi sperma
3. Membuat dinding rongga rahim tidak siap untuk menerima dan menghidupi hasil pembuahan

# Pil KB progesteron (Mini pill = Progesterone Only Pill = POP) hanya berisi progesteron, bekerja dengan mengentalkan cairan leher rahim dan membuat kondisi rahim tidak menguntungkan bagi hasil pembuahan.
Mitos tentang pil KB, benar atau tidak?
Pil KB membuat saya GEMUK dan mengalami PENDARAHAN....

* Estrogen bisa menyebabkan retensi cairan dan garam yang bisa memicu pertambahan berat badan sedangkan progesteron bisa meningkatkan nafsu makan. Tetapi dengan dosis rendah pil KB modern efek ini jarang terjadi.
* Kenaikan berat badan terjadi karena pasien merasa aman yaitu terlindungi dari kehamilan sehingga pola makan berubah (nafsu makan meningkat) ataupun oleh karena faktor keturunan.
* Pendarahan dapat terjadi bila pasien terlupa minum pil lebih dari 12 jam karena turunnya kadar hormon dalam tubuh yang diartikan oleh tubuh sebagai tanda sudah boleh menstruasi (ingat bahwa selama minum pil KB menstruasi tidak terjadi)

Pil KB membuat rahim kering dan setelah berhenti minum saya akan sulit punya anak . . .

Tidak perlu dikhawatirkan bahwa penggunaan pil KB akan menyulitkan punya anak, ataupun menyebabkan rahim kering, karena:

Pil KB adalah salah satu metode yang paling reversibel artinya kesuburan langsung kembali bila penggunaan dihentikan. Bahkan pil KB dapat mengurangi resiko infertilitas primer hingga 40%
Pil KB cenderung menyebabkan KANKER...
Hingga saat ini, penyebab terjadinya kanker belum diketahui secara pasti.Tetapi berdasarkan penelitian yang bersifat retrospektif, resiko terkena kanker bagi wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi oral lebih besar daripada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral.
Pil KB sulit diandalkan karena harus diminum setiap hari dan saya mudah lupa...

Tingkat keandalan pil KB adalah yang paling tinggi di antara semua metode kontrasepsi kecuali sterilisasi. Kegagalan hanya terjadi pada 1 orang diantara 1000 wanita selama pemakaian 1 tahun artinya mempunyai PI = 0,13 dan biasanya disebabkan karena muntah atau lupa minum pil.

Untuk memudahkan Anda mengingatnya dan menjadikan hal ini suatu kebiasaan maka dengan kemasan kalender dari pil KB yang dilengkapi dengan nama hari, hanya satu hari saja yang perlu Anda ingat yaitu hari pertama mulai minum pil KB, serta pilihlah waktu minum pil yang sama setiap hari (misalnya: setelah makan malam, sebelum menggosok gigi malam hari atau sebelum tidur).
Pil KB tidak cocok untuk wanita yang belum menikah...
Bisa saja terjadi gangguan / ketidakseimbangan hormonal pada wanita muda yang belum menikah, antara lain: siklus menstruasi tidak teratur, nyeri hingga kejang perut menjelang menstruasi, kulit berminyak bahkan berjerawat, ataupun pola tumbuh rambut yang tidak normal pada wanita / male hair pattern. Oleh karena itu diperlukan terapi dengan pemberian pil yang mengandung hormon yaitu pil KB.
Pil KB memicu timbulnya jerawat sehingga membuat penampilan menjadi tidak menarik...
Jerawat yang sering timbul pada penggunaan pil KB biasanya disebabkan oleh unsur progesteronnya. Tetapi pada pil KB modern biasanya masalah ini agak jarang terjadi. Bahkan, ada pil KB kombinasi modern (OC) yang sekaligus bekerja untuk membuat kulit Anda lebih bersih, halus dan cantik.
Pil KB plus kulit cantik (OC)
Apakah Efektivitas kontrasepsinya sebanding dengan pil KB kombinasi lain?
Perlindungan kontrasepsi OC mencapai 99,9% , artinya hanya terjadi maksimal 1 kegagalan di antara 1000 wanita selama pemakaian 1 tahun.
Mengapa OC bisa mempercantik kulit?

Karena OC ini mengandung progesteron yang unik yaitu Siproteron Asetat (CPA). Tidak seperti progesteron lain, CPA bersifat anti-androgen sehingga mencegah timbulnya jerawat, membuat kulit lebih halus, bersih dan cantik.
Bagaimana cara kerja OC ini untuk mengatasi masalah kulit?

* Tubuh wanita memproduksi hormon wanita (estrogen, progesteron) dan sedikit hormon pria (androgen). Pada usia reproduktif (15 - 45 tahun) seringkali terjadi over-produksi hormon androgen yang akan menyebabkan produksi minyak berlebihan sehingga memicu timbulnya kulit berminyak, komedo bahkan jerawat, dan hirsutisme (pola tumbuh rambut yang tidak normal pada wanita / male hair pattern)
* CPA sangat unik karena langsung bekerja pada akar masalah untuk mencegah produksi minyak berlebihan sehingga masalah seperti komedo, kulit berminyak, bahkan jerawat diatasi sebelum muncul. Karena minyak pada wajah berkurang, secara otomatis infeksi atau peradangan pada jerawat lama juga disembuhkan.
* Berbeda dengan antibiotik atau obat topikal yang hanya mengobati infeksi bakteri di permukaan kulit, CPA bekerja jauh dibawah kulit yaitu pada sebasea (kelenjar minyak), sehingga mengatasi masalah kulit sampai tuntas lansung pada akar masalahnya.

Sesungguhnya dengan menggunakan OC Anda bahkan mendapatkan banyak manfaat seperti:

* Perlindungan terhadap kehamilan hampir 100%
* Siklus menstruasi yang lebih teratur dan normal
* Menghilangkan gejala pre menstruasi (Pre-Menstrual Syndrome = PMS ) seperti nyeri, emosi, kejang perut.

Selain itu ada pula berbagai manfaat non-kontraseptif OC yaitu mengurangi resiko terjadinya:

* Kehamilan diluar kandungan, s/d 90%
* Kanker indung telur (ovarium) dan endometrium, s/d 40%
* Benjolan jinak payudara, s/d 40%
* Kista indung telur, s/d 80%
* Penyakit radang panggul (PID = Pelvic Inflammatory Disease),s/d50%
* Infertilitas primer, s/d 40%
* Anemia, s/d 50%

Jadi dengan OC yang mengandung CPA, Anda akan mendapatkan manfaat ganda:

* Perlindungan kontrasepsi yang andal untuk merencanakan keluarga yang Anda idamkan.
* Sekaligus kulit lebih bersih, halus dan cantik.

Jadi siapa bilang tidak bisa tambah cantik dalam ber-KB?
Carilah OC Plus yang bisa memberikan keduanya pada Anda dengan satu langkah saja.
Bagaimana cara memulai kemasan pertama OC?

* OC berisi 21 pil, yang bagian belakang kemasannya tertera nama-nama hari untuk menunjukkan hari dimana Anda minum OC.
* Mulai OC yang pertama pada hari pertama haid. Ikuti arah tanda panah hingga seluruh pil habis.
* Berhenti minum pil selama 7 hari (2-3 hari setelah minum pil terakhir akan terjadi haid).
* Setelah masa tidak minum pil selama 7 hari, lanjutkan minum OC dari kemasan selanjutnya, walaupun haid Anda belum berhenti.
* Jadi untuk kemasan ke-2 dst, minum pil selama 21 hari + tidak minum pil selama 7 hari.

Catatan:

* Jangan berhenti minum pil >7 hari
* Minumlah pil pada waktu yang sama setiap hari
* Pertama kali mulai minum OC pada hari 2 - 5 masa haid masih diperbolehkan, asal menggunakan kontrasepsi tambahan (misal kondom) saat bersenggama selama 7 hari pertama minum OC.

Tidak ada komentar: